Senin, 22 Juni 2009

INHOUSE TRAINING ICT- SMAN 1 SORKAM BARAT

Menutup tahun pelajaran 2008/2009, saya mengakhiri perjalanan diklat ICT dalam Pembelajaran yang telah saya sajikan di beberapa SMP dan SMA se-Tapanuli Tengah yang tergabung dalam program Rintisan Sekolah Standar Nasional (RSSN) maupun yang sudah termasuk Sekolah Standar nasional (SSN). Acara terakhir saya berupa Inhouse Training di SMAN 1 Sorkam Barat diikuti oleh seluruh guru dan karyawan SMAN 1 Sorkam Barat berlangsung dari tanggal 2 hingga 3 Juni 2009.

Dalam kegiatan tersebut saya menyampaikan materi:
1. Sistem Informasi Manajemen (SIM) berbasis ICT
2. Integrasi dan pengembangan Bahan Ajara berbasis ICT.

Acara yang dibuka oleh Bp. Syahrir Kepala SMAN 1 Sorkam ini berlangsung cukup sukses, karena semua peserta sangat antusias untuk menerima materi yang bagi mereka cukup baru. Walaupun disana sini masih terdapat kesulitan terutama untuk membuat koneksi internet via GPRS, dengan menggunakan modem khusus GPRS maupun Handphone.


Materi SIM yang merupakan latihan membuat koneksi internet dengan berbagai alternatif tidak dapat berjalan semuanya, karena telkomnet jaringan telkom hanya bisa menyediakan telkomnet instan. Untunglah sekolah itu baru membeli modem GSM untuk telkomsel, sehingga bisa menggunakan jaringan internet telkomsel flash.

Sedangkan untuk pengintegrasian ICT dalam RPP dan bahan ajar, para peserta tidak mengalami kesulitan, memngingat mereka dalam beberapa bulan terakhir sudah mulai menggunakan komputer.

Penggunaan ICT dalam semua prose pembelajaran dan adminitrasi akan terus ditingkatkan, guna mendukung SMAN 1 Sorkam Barat sebagai salah satu sekolah yang akan berpredikan SSN, demikian Pak Syahrir memberikan sambutannya pada acara penutupan In House Training ICT tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar