Selasa, 16 Juni 2009

Panen Pelajaran di Kampus Kehidupan


18 tahun Kampoengku memberikan segala pelajaran tentang ilmu kehidupan.
Semua kejadiannya telah membuatku menjalani segala sesuatu dengan diam.
Semua ceritanya telah membuatku memahami semua masalah dengan diam.
Semua tantangannya telah membuatku berani melawan apapun dengan diam.
Semua pengajiannya telah membuatku memakai kebenaran dengan diam.


Langkah kaki kanan pertama keluar kampoeng membawaku ke alam kehidupan.
Ada orang yang tidak pernah melewati pematang tetapi mengetahui jalan pintas.
Ada orang yang tidak pernah mendengar jangkrik tetapi mengerti selera publik
Ada orang yang tidak pernah memecah batu tetapi sanggup membungkam saingan
Ada orang yang tidak pernah bersila tetapi pandai bersilat lidah

Kini aku memiliki kampoeng baru bernama kampus IKIP Malang.

Semester satu aku kuliah dengan benar dan diam-diam mengejar IP tertinggiku.
Semester dua aku kuliah sambil meneliti dengan diam-diam kehebatan senior-seniorku.
Semester tiga aku kuliah dan memasuki organisasi kampus yang diplomatis progresiv
Semester empat aku kuliah dan tidak bisa diam hingga memasuki kebijakan kampus
Semester lima aku kuliah dan mengopspek mahasiswa baru dan PPL ke Grafika
Semester enam aku kuliah dan masuk asisten dosen dan mewarnai asrama mahasiswa
Semester tujuh aku kuliah dan TID, membuat BKA serta KKN ke Gunung Kawi
Semester delapan aku habiskan mata kuliah dan gak mau wisuda karena TID lagi
Semester sembilan aku skripsi membuat software pembelajaran kimia dengan nilai A.


Pelajarannya :
Sudah tahu tapi tidak melakukan, sudah mengerti tetapi tidak bicara, sudah berani tetapi menghindar, dan sudah benar tetapi malu, adalah sikap-sikap yang baik, tetapi tidak banyak berguna untuk kehidupan.
Maka latihlah semua potensimu dengan mengikuti segala kegiatan positif sampai kamu yakin segala potensimu bangkit dan teraktualisasi dalam pengalaman nyata. Jika demikian maka kita akan bertindak tepat dengan cara benar dan berbicara kebenaran dengan cara yang tepat.


0 komentar:

Posting Komentar