Minggu, 28 Juni 2009

Ternyata Gaji Saya Lebih Tinggi dari Gaji Guru di China



“Ternyata Gaji Kita Lebih Tinggi dari Gaji Guru di Cina” itulah bisik-bisik beberapa kawan didepan saya ketika pak Syahdian (Widyaiswara LPMP Medan) tengah menyajikan materi Perbandingan Pendidikan di Beberapa Negara dalam Workshop Tingkat Lanjut Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) untuk guru-guru Sekolah Rintisan Bertaraf Internasional.

“Emangnya ibu guru dimana ?” saya langsung bertanya, karena sejak awal saya memang ingin ngajak bicara, maklum sudah dua hari saya amati diantara 38 peserta Workshop kayaknya cuman ibu ini yang layak diajak bicara (namanya saja Workshop Tingkat Lanjut… ngerti kan maksudnya).

“Saya di SMP Medan” , “Kalau tempat saya, selain gaji + tambahan lain-lainnya, Khusus untuk kelas SBI diberi tambahan Rp.500/menit…wah..wahh. Saya coba hitung kasar disekolah saya ada : 9 kls (X+XI) SBI X 38 jam/minggu X 4 minggu/bln X 10 bln/th 45 menit X Rp.500 = Rp. 300.780.000 . Nah..kan lebih besar dari rencana dana SBI setahun kalau hanya dapet satu paket, tapi mungkin pas juga soalnya guru yang terlambat apalagi tidak masuk tidak dihitung, artinya yang dibayar adalah menit efektif guru dalam kelas. Yah sudahlah… gak perlu dipikirin, karena ternyata cerita selanjutnya tidak menarik lagi.

Baiklah…. Kita lanjutkan perjalanan ke China. Di Cina gaji guru berkisar 3000 – 5000 yuan/bulan (1 yuan = Rp 1200) berarti sekitar 3,6 – 6 juta / bulan. Sedangkan di negara kita Indonesia Raya gaji guru antara 1,5 - 3,0 juta/ bulan.
Tapi tunggu dulu … Ternyata jam kerja mereka dari jam 6.30 – 21.30 = 15 jam/hari. Sedangkan jam kerja kita mulai dari jam 7.30 – 14.00 = 6,5 jam.

(di Cina, dalam 1 bulan hanya ada 3 hari libur, dan tiap hari istirahat hanya 17.25 – 18.10 sedangkan kita 1 bulan ada 4 hari minggu, dan tiap hari istirahat 2 x 15 menit. Ok… kita kira manis sama saja)
Mari kita bandingkan : (anggap saja 1 bulan = 30 hari, istirahat di abaikan)

CINA Terendah : 3.600.000 dibagi (15 jam X 27 hari) = Rp. 8.888/jam
Tertinggi : 6.000.000 dibagi (15 jam X 27 hari) = Rp.14.815/jam

INDONESIA Terendah : 1.500.000 dibagi (6,5 jam X 26 hari) = Rp. 8.876/jam
Tertinggi : 3.000.000 dibagi (6,5 jam X 26 hari) = Rp.17.751/jam

Nah..lho... lebih tinggi kan.
Belum cukup.... mari kita hitung seandainya sudah cair sertifikasi (saya sih cair)
dan kita hitung menurut jam pelajaran 45 menit.
Beban Kerja = 24 jp/minggu = 24 X (45/60menit) X 4 minggu = 72 jam
Gaji pokok = 2,5 jt + sertifikasi = 5juta (estimasi minimal)
Berarti Gaji yang diperoleh perjam adalah : 5.000.000/72 jam = Rp 69.000.

Sekarang....
marilah kita meluruskan niat sebagai "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa"
Ajarkan sesuatu yang bukan sekedar dihafal siswa tetapi yang bisa dibuat siswa
Didiklah siswa bukan sekedar memberi contoh tetapi harus menjadi contoh
Belajarlah dahulu sampai mengerti bagaimana mengajarkan pelajaranmu

Sekarang...
TUNTUTLAH ILMU SAMPAI KE NEGERI CHINA,
TERNYATA GAJI KITA LEBIH TINGGI SAMPAI KE NEGERI CINA

0 komentar:

Posting Komentar